PERENCANAAN SALURAN DRAINASE BUKIT GOLF NEW ARAYA ESTATE, DESA TIRTOMOYO, KECAMATAN PAKIS, KABUPATEN MALANG

Sugesti Adinanesa, Ratih Indri Hapsari, Medi Effendi

Abstract


Bukit Golf New Araya Estate adalah perumahan baru yang terletak di Desa Tirtomoyo, Kecamatan  Pakis, Kabupaten Malang. Perumahan ini memiliki luas kurang lebih 152,47 ha. Perumahan Araya memberikan fasilitas baik diantaranya ruang terbuka hijau, fasilitas umum yang cukup dan drainase yang memadai. Drainase sangat penting untuk menghindari terjadinya banjir dan  mengurangi terjadinya genangan-genangan air yang dapat merusak infrastruktur perumahan tersebut.

Tujuan studi ini adalah merancang sistem jaringan dan saluran drainase yang mampu menampung debit banjir rancangan dengan kala ulang 5 tahun. Data curah hujan yang digunakan adalah data hujan dari stasiun Ciliwung dan stasiun Singosari. Untuk menghitung curah hujan rancangan digunakan Metode Log Pearson Tipe III. Setelah curah hujan rancangan dihitung, digunakan rumus Mononobe untuk menghitung intensitas hujan. Untuk menghitung debit banjir rancangan digunakan metode Rasional. Selain merencanakan sistem drainase, studi ini juga bertujuan untuk mendapatkan rincian anggaran biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan sistem drainase tersebut dan jadwal pelaksanaan pekerjaan.

Berdasarkan hasil analisa saluran drainase yang akan digunakan adalah tipe gorong-gorong non reinforcement concrete pipe. Dari hasil perencanaan didapat curah hujan rancangan untuk kala ulang 5 tahun adalah sebesar 108,97 m, dan debit banjir rancangan di hilir adalah sebesar 11,97 m3/dt. Jumlah saluran yang dibutuhkan sebanyak 99 saluran. Dimensi gorong-gorong terkecil berdiameter 0,30 m dan yang terbesar berdiameter 2,5 m. Biaya yang dibutuhkan untuk membangun sistem drainase di kawasan Araya adalah Rp 4.542.795.937,00, dan waktu pelaksanaan konstruksi yang dibutuhkan untuk pembangunan adalah 222 hari.

Kata-kata kunci: drainase, debit banjir rancangan, gorong-gorong, NRCP


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33795/prokons.v8i2.74

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PROKONS Jurnal Teknik Sipil



INDEXING : 

The following is an indexing list that includes the journal of the Prokons, published by the Civil Engineering Department, Politeknik Negeri Malang

          

   

     

 

_______________________________________________________________________________________________

Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Malang

Jalan Soekarno-Hatta No. 09, PO BOX 04 Malang 65141

Telp  0341-404424 ||  Fax  0341-404420

ISSN  Print (1978-1784) ||  Online (2714-8815)

Email  : prokons@polinema.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License .