Variabel- Variabel Yang Mempengaruhi Keputusan Pemilihan Perumahan (Studi Kasus Pada Kawasan Perumahan Di Wilayah Kota Malang)

Putu Fasa Prawidia Ayub, Muhammad Bisri, Ruslan Anwar

Abstract


Perkembangan pemukiman dan perumahan cukup pesat di Kota Malang sebagai Kota kedua di Jawa Timur. Kondisi ini sesuai dengan ikon Kota Malang sebagai pusat Pendidikan, wisata dan Industn. Keadaan ini berdampak pada penyediaan hunian dan perumahan yang menjadi tuntutan masyarakat maupun konsumen yang bertempat tinggal di Kota Malang. Pemukiman dan perumahan yang ada dituntut harus dapat menyediakan fasilitas-fasilitas yang sesuai dan dibutuhkan bagi masyarakat maupun penghuni perumahan di Kota Malang.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pemilihan perumahan. Keputusan responden mengenai pemilihan perumahan dipengaruhi oleh 2 aspek yaitu aspek Internal (perumahan) dan aspek Eksternal (Konsumen). Aspek Internal (perumahan) meliputi : Lokasi Perumahan, Fasilitas Umum, Desain Bangunan, Harga dan Transportasi. Berikutnya Aspek Eksternal (konsumen) meliputi : Demografis dan Psikografis. Penelitian ini menganalisa data 280 responden hasil pengukuran di Perumahan Pandanwangi Park, Pandanwangi Royal Park dan Permata Batubara Regency. Data dinalisis dengan Analisa Frekwensi dan Regresi Linear Berganda. Data persepsi di Uji Validitas dan reliabilitasnya, setelah data valid dan reliabel dilanjutkan dengan uji regresi linear berganda untuk menemukan faktor signifikan dan faktoi paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pemilihan perumahan di Kota Malang.

Hasil penelitian kemudian dirangking menunjukan bahwa Variabel Desain Bangunan (gaya arsitektur, material yang digunakan, tata ruang, penghawaan, pencahayaan, resapar dan drainase), Variabel Transportasi (aksebilitas lokasi, kelancaran lalu lintas, tranportas umum, lebar jalan masuk, kondisi jalan jasuk/keluar, lebar jalan dalam perumahan), Variabel Fasilitas Umum (keamanan, fasilitas kesehatan, fasilitas pertokoan, tempat ibadah, tempal olah raga, rir bersih, tempat hiburan, listrik/PLN, telekomunikasi) secara signifikar berpengaruh terhadap keputusan pemilihan perumahan yang ada di Kota Malang. Sedangkan Desain Bangunan adalah merupakan variabel yang paling dominan berpengarur terhadap keputusan dalam pemilihan Perumahan di Kota Malang.

 

Kata-kata kunci:  Pemilihan Perumahan, Variabel

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33795/prokons.v7i1.34

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PROKONS Jurnal Teknik Sipil



INDEXING : 

The following is an indexing list that includes the journal of the Prokons, published by the Civil Engineering Department, Politeknik Negeri Malang

          

   

     

 

_______________________________________________________________________________________________

Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Malang

Jalan Soekarno-Hatta No. 09, PO BOX 04 Malang 65141

Telp  0341-404424 ||  Fax  0341-404420

ISSN  Print (1978-1784) ||  Online (2714-8815)

Email  : prokons@polinema.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License .