EFISIENSI BIAYA PROYEK DITINJAU DARI PENJADUALAN TENAGA KERJA DENGAN MENGGUNAKAN JARINGAN KERJA

Susapto, Siti Safiatus R.

Abstract


Kesesuaian antara pelaksanaan dengan perencanaan suatu anggaran biaya proyek tergantung dari realita perencanaan yang sesuai dengan kondisi proyek secara riel dan kegiatan pengendalian dalam pelaksanaan yang rutin harus dilakukan dengan teliti dan hati-hati, tentunya untuk mendapatkan suatu perencanaan yang realistis perlu adanya pengalaman yang cukup banyak juga dapat menaksirkan faktor- faktor risiko yang sering muncul didalam pelaksanaan proyek .

Salah satu bentuk perencanaan yang dapat menunjukkan suatu rangkaian kegiatan yang saling terkait dan logis dilakukan adalah jaringan kerja yang baik dan realistis dan kalau jaringan kerja tersebut direncanakan dengan baik dan dilakukan dengan pengendalian yang rutin secara teoritis dipastikan terjadi efisiensi biaya.

Tujuan penelitian ini untuk membuktikan keberadaan jaringan kerja dalam pelaksanaan proyek  cukup berpengaruh dengan dapat menunjukkan jalur kritis sebagai bahan pengendalian dalam pelaksanaan dan dapat menghasilkan efisiensi biaya proyek khusus upah kerja sebesar 17% lebih murah jika dibandingkan dengan upah borong kerja tanpa membuat jaringan kerja.

Data penelitian berupa kegiatan pelaksanaan proyek perumahan/ gedung diwilayah kota malang untuk type kecil dan sedang. Data diperoleh dari 4 lokasi perumahan

Metoda analisis data dilakukan dengan  cara menganalisa penjadwalan tenaga kerja dari hasil penjadualan mandor dan analisa jaringan kerja yang dibuat.

Kata Kunci: efisiensi, biaya, tenaga kerja, jaringan kerja, proyek perumahan


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33795/prokons.v10i2.110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PROKONS Jurnal Teknik Sipil



INDEXING : 

The following is an indexing list that includes the journal of the Prokons, published by the Civil Engineering Department, Politeknik Negeri Malang

          

   

     

 

_______________________________________________________________________________________________

Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Malang

Jalan Soekarno-Hatta No. 09, PO BOX 04 Malang 65141

Telp  0341-404424 ||  Fax  0341-404420

ISSN  Print (1978-1784) ||  Online (2714-8815)

Email  : prokons@polinema.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License .